Minggu, 12 Februari 2012

Katrol pancing


Apakah Itu Kili-kili?

Katrol pancing yang mantaab, Kili-kili adalah alat pancing yang brfungsi supaya tali pancing tidak menggulung dan kusut pada saat memancing, karena kili-kili akan berputar sesuai dengan beban tarikan mata pancing. Kili-kili biasanya dipakai pada rangkaian pancing untuk memudahkan pemasangan tali pancing ke rangkaian mata pancing. Kili-kili adalah sebuah alat kecil yang terbuat dari logam yang memiliki bentuk seperti dua buah cincin yang saling berhubungan satu sama lainnya, namun kedua cincin ini dapat berputar bersama.

Kili-kili merupakan alat untuk penyeimbang disaat tali pancing berputar, pada saat terkena arus air maupun saat umpan dimakan ikan. 
Keunggulan  kili-kili ialah dapat mengurangi kemungkinan tali pancing bergulung–gulung dan kusut karena alat ini akan selalu berputar.
beberapa jenis kili-kili diantaranya adalah :

 ******************
Jenis kili-kili ini adalah yang paling kuat dan amat disukai para pemancing ikan besar (monster). Kili-kili ini mempunyai kacang-kacang (ball bearing) didalamnya dan akan berputar dengan baik.

 **********************
 
Jenis ini mempunyai 3 (tiga) cabang yang diikat pada cincin pada jarak yang sama. Kegunaan simpulan ini adalah untuk memisahkan kail dari pemberat.
Kelemahan dari kili-kili jenis ini adalah ketika digunakan selalu berputar, posisi ini dapat menyebabkan tali kusut atau bergulung. Kili-kili ini biasa digunakan para pemancing untuk mancing dasar. Ada juga para Katrol pancing (pemancing) yang senang manggunakan simpul cabang tiga (ini bagi para Katrol Pancing yang mau repot menjalin tali), tanpa menggunakan kili-kili cabang 3...

*********************

Kili-kili ini yang paling banyak digunakan oleh para pemancing. Jenis kili-kili ini banyak bentuk dan ukurannya. Kita tinggal memilih Besar kecil kili-kili ini dan disesuaikan dengan tali serta target ikan yang akan kita cari. oooyeeeeah. 


 *********************
Naah bagi Katrol Pancing yang doyan menggunakan trolling, kili-kili ini cocok digunakan, karena kili-kili ini mempunyai rangkaian yang kuat.


Bagi  para Katrol pancing yang lebih tau dan paham tentang kili-kili, diharapkan saran dan masukannya.. kita bagi-bagi ilmu broo... setuju.


Ok para Katrol Pancing , lain kesempatan kita sambung lagi...
jangan malu bertanya, malu bertanya tak dapat ikan

2 komentar:

  1. Salam,

    Bro kalo mancing di muara poumako buat katrol baiknya umpan apa ?

    Lukas

    BalasHapus