Rabu, 08 Februari 2012

katrol pancing


Secara global, ada 2 jenis karang : 
yakni karang terbentuk secara alami, dan karang yang terbentuk secara sengaja oleh bantuan manusia.
Karang yg terbentuk secara alami biasanya berada jauh di kedalaman laut. Disanalah, di sekitar karang itu, merupakan spot favorit ikan kecil untuk berlindung dan mencari makanan. Ikan kecil- kecil ini pada gilirannya akan mengundang ikan yang lebih besar yang akan memangsa ikan kecil itu.



Ikan yg lebih besar akan mengundang ikan yang lebih besar lagi, dan seterusnya. Jadi bisa di perkirakan, ikan predator seperti tenggiri, kerapu dan kawan-kawan  akan mudah di jumpai di sekitaran karang itu.
Karang Nirwana di kepulauan Seribu adalah salah satu contohnya. Di lain pihak, ada juga karang yang bukan merupakan hasil kerja alami. Misalnya saja sebuah pulau kecil yang di ambil pasirnya secara terus menerus, sehingga pada satu saat nanti, pulau itu akan hilang dan berada di bawah permukaan air.

Pelampung

Apa sih yg di sebut plampung? plampung adalah, alat penanda senar pancing. jika umpan dimakan ikan, plampung akan bergerak naik turun karena ditarik ikan. Pada dasarnya pelampung berfungsi hanya sebagai penanda dimanakah lokasi persisnya spot yg kita temukan.
Plampung bisa kita buat sendiri, misalnya saja dengan jerigen air ukuran 10 liter. Plampung ini di ikat dengan tali. Ujung yang satu di ikatkan ke pemberat yang akan turun ke dasar laut, dan ujung satunya lagi di ikat dengan ‘anak plampung’. Ujung yang di hubungkan dengan pemberat di buat sedemikian rupa sehingga tali bisa di atur panjang pendek nya sesuai dengan kedalaman laut di spot tersebut. Sedangkan yang di hubungkan dengan anak plampung cukup 3 meter saja.
Ada bagusnya induk dan anak plampung di cat dengan warna yang mencolok sehingga mudah di lihat dari jauh, Misalnya saja induk plampung dengan warna merah dan anak plampung dengan warna kuning. Kalau mau lebih bagus lagi, di masing-masing plampung di berikan bendera, sehingga amat mudah terlihat dari kejauhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar