Jumat, 16 Desember 2011

Alat-alat Memancing

Pemirsa Katrol-Pancing dimana saja berada, nich Bang Katrol mau bagi-bagi informasi soal alat kelengkapan memancing. Yang udah tahu diem aja yach jangan komentarin gue (hihihi), nech dia alat-alat yang mesti dikenalin sama pemancing.


Kotak Pancing
Kotak pancing banyak tersedia di toko-toko pancing dan berbagai macan jenisnya. Kotak pancing berguna   untuk membawa peralatan memancing seperti mata kail, kili-kili, timah, dan lain sebagainya. Jika membeli kotak pancing, disarankan jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar. Belilah kotak pancing yang sesuai kebutuhan peralatan pancing yang ada dan semua peralatan pancing anda dapat masuk dalam kotak pancing anda. (selain joran/stik pancing)

Kili-Kili
Kili-kili adalah alat penyambung antar tali, kili-kili digunakan agar tali pancing tidak menggulung (tidak kusut)

Timah
Timah adalah alat pemberat untuk memancing.. Pemakaian timah harus disesuaikan pada lokasi memancing. Jika memancing di karang, kita dapat mengganti timah dengan potongan rantai atau busi kendaraan (untuk penghematan). 

Tali
Dalam hal pemakaian tali pancing harus disesuaikan pada alat yang ingin digunakan dan lokasi memancing. Jika memancing di karang, gunakan tali untuk kail yang lebih kecil dari tali utama. 

Katrol
Disarankan agar membeli katrol pancing jangan yang murahan dan tidak bermerk. karena ketahanan dan kekuatannya diragukan. Salah satu katrol yang saya gunakan Shimano kecil 3 ballbearing, Viking 4050.

Stik/Biasan Pancing (Joran)
Stik pasangan katrol biasanya disesuaikan dengan katrol yang digunakan. Jika memakai katrol kecil pakaila stik yang ukuran 2-3m panjangnya (untuk mancing pinggiran di laut) kalo merk banyak macam merk yang bagus tepai lihat bahan yang digunakan adalah fibre glass,Carbon. Untuk mancing berendam, mancing di pinggir laut pilihlah stik yang ringan dan sedikit kaku dan panjangnya  6m untuk reaksi cepat dan akurat, agar sensasi tarikan lebih terasa dan mantab.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar